cara menghemat listrik

  1. Matikan lampu yang tidak perlu

Dua lampu pijar 100 watt jika dimatikan dua jam ekstra per hari dapat menghemat kurang lebih Rp 150.000 dalam setahun. Lebih baik lagi, jika Anda beralih ke LED.
  1. Gunakan cahaya alami

Sebuah jendela yang menghadap ke selatan dapat menerangi 20 hingga 100 kali luasnya. Mematikan satu bohlam 60 watt selama empat jam sehari merupakan sebuah langkah penghematan kurang lebih Rp 90.000 dalam setahun.
  1. Gunakan Lampu Spesifik

Matikan lampu langit-langit dan gunakan lampu meja, atau lampu track dan lampu di bawah meja di tempat kerja dan area hobi serta di dapur. Anda tidak perlu menyalakan lampu seluruh ruangan, cukup nyalakan lampu di beberapa titik yang akan Anda gunakan. Dengan cara mudah ini, Anda bisa menghemat energi  tanpa biaya sekaligus menghemat uang di kantong Anda sekurang-kurangnya Rp 60.000 dalam setahun.
  1. Mandi lebih singkat

Air itu mahal. Jika dua orang di rumah Anda mengurangi waktu mandi masing-masing satu menit, setidaknya Anda dapat menghemat Rp 300.000 selama setahun.
  1. Matikan air ketika mencukur, mencuci tangan, menyikat gigi

Kurangi penggunaan air sebesar 5% saat Anda sedang mencuci  tangan, menyikat gigi dan mencukur kumis. Dengan cara tersebut, tahukah Anda jika bisa menghemat sekitar Rp 190.000.
menghemat energi tanpa biaya 1
  1. Perbaiki keran yang bocor 

Memperbaiki kebocoran air di bak mandi atau wastafel Anda dapat menghemat hingga Rp 90.000 per tahun dalam biaya energi. Pelajari cara memperbaiki kebocoran itu.
  1. Cabut listrik yang tidak terpakai

Daya siaga dapat mencapai 10% dari penggunaan listrik tahunan rata-rata rumah tangga. Cabut listrik yang tidak terpakai dan hemat Rp 500.000 setahun.
  1. Ganti komputer desktop Anda

Jika Anda masih menggunakan desktop lama, daur ulang dan alihkan penggunaan ke laptop. Jika Anda menggunakan laptop dua jam per hari, Anda akan menghemat Rp 40.000 lebih dalam setahun.
  1. Tidak di rumah? Matikan AC

Matikan AC  selama lima jam sehari saat Anda pergi. Lakukan itu selama 60 hari selama musim kemarau dan Anda akan menghemat setidaknya Rp 160.000.
  1. Daur ulang atau sumbangkan TV lama 

Daur ulang atau sumbangkan TV lama Anda. Bahkan jika Anda hanya menggunakannya satu jam sehari, LCD 42 inci bisa menghemat kurang lebih Rp 60.000 setahun daripada Anda masih menyalakan TV model tabung Anda
  1. Kelola termostat Anda

Jika Anda memiliki mesin pemanas, turunkan termostat Anda sebanyak dua derajat untuk menghemat 5% pada tagihan pemanas Anda. Menurunkannya lima derajat bisa menghemat 10%. Dengan begitu Anda bisa menghemat setidaknya, Rp 1.200.000 dalam setahun!
  1. Bersikap strategis dengan penutup jendela

Atur aliran udara yang masuk ke rumah Anda dan gunakan tirai untuk menyaring sinar matahari. Anda dapat menghemat hingga Rp 100.000 untuk menggantikan dua kipas angin  atau Rp 450.000 untuk menggantikan 1 unit AC selama musim panas.
  1. Kurangi panas di dapur

Hindari menggunakan oven di musim panas – ubahlah gaya makan Anda ke menu yang lebih sehat seperti salad, smoothies, atau barbekyu. Anda akan mengurangi panas di rumah Anda dan menghemat biaya pendinginan rumah Anda hingga Rp 50.000.
  1. Kurangi Beban Cucian

Kurangi satu kali pencucian per minggu, bahkan jika Anda sudah menggunakan air dingin saja, Anda bisa menghemat Rp 180.000 per tahun untuk biaya mencuci Anda.

  1. Cuci cucian menggunakan air dingin

Dengan beralih dari air panas ke air dingin untuk rata-rata tiga beban per minggu, Anda dapat menghemat hingga Rp 220.000 per tahun pada tagihan energi Anda.
  1. Gantung kering cucian Anda

Jika Anda melakukan delapan kali cucian seminggu dan menggunakan jemuran Anda untuk 50% dari pakaian itu, Anda bisa menghemat hingga Rp 650.000 per tahun.
  1. Aduk handuk di pengering

Handuk kering yang ditambahkan ke beban pengering Anda dapat mengurangi waktu pengeringan secara signifikan. Jika Anda melakukan 7 kali seminggu, ini bisa menghemat Rp 270.000 per tahun.
  1. Efisien dalam pemakaian kulkas

Jaga kulkas dan freezer Anda pada suhu ideal mereka. Untuk kulkas Anda, pastikan suhu yang dipakai antara 2 ° C dan 3 ° C dan freezer Anda harus pada -18 ° C. Cara ini bisa menghemat hingga Rp 250.000 per tahun.
  1. Cabut kulkas kedua Anda

Jika Anda punya dua kulkas, lepas lemari es kedua dan dapatkan penghematan hingga Rp 550.000 dalam setahun. Dinginkan air dalam pendingin hanya saat Anda membutuhkannya.
  1. Gunakan microwave, panci tempayan atau oven pemanggang roti

Microwave membutuhkan waktu 15 menit untuk melakukan pekerjaan yang sama seperti 1 jam dalam oven listrik. Gunakan microwave bukan oven Anda 4 kali seminggu dan berhemat Rp 130.000 / tahun.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROSES PEMBUATAN KERAJINAN ROTAN

Tahapan Pembuatan Papan Instalasi Listrik menggunakan sakelar

Jenis dan karakteristik bahan keras